cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnal@stiepari.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@stiepari.ac.id
Editorial Address
Jl. Lamongan Tengah No.2, Bendan Ngisor, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50233
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata
ISSN : 14115077     EISSN : 27748987     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian, ulasan ilmiah dan informasi lainnya di bidang pariwisata dan perhotelan. terbit 3 kali dalam setahun (Januari, Mei dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 2 (2017): GEMAWISATA JULI 2017" : 8 Documents clear
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN TAMU MENGINAP DI ALLSTAY HOTEL SEMARANG Candra, Danish Kusuma; Listyorini, Haniek
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 2 (2017): GEMAWISATA JULI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara Bauran Pemasaran terhadap keputusan tamu menginap di Allstay Hotel Semarang, serta untuk mengetahui dimensi manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan tamu menginap. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan analisis kuantitatif sedangkan desain penelitiaannya adalah regresi dan korelasi yang terdiri dari satu faktor atau lebih. Data yang digunakan ada dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Alat dalam penelitian ini adalah, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jumlah sampel dalam penelitian merupakan responden sebanyak 89 tamu Allstay Hotel Semarang. Berdasarkan hasil SPSS, hipotesis (baik secara parsial maupun simultan) pada taraf teruji signifikansi dan positif berpengaruh dengan persamaan regresi sebagai berikut :serta terbukti bahwa dimensi Produk berpengaruh paling besar terhadap variabel Y (keputusan menginap) dengan koefisien regresi sebesar 0,506. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dari empat dimensi produk, harga, lokasi, dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan tamu menginap di Allstay Hotel Semarang. Jadi apabila bauran pemasarannya baik, maka keputusan menginap meningkat.
PENGARUH KEPERCAYAAN DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI HOTEL @HOM SEMARANG Hutomo, Adli Nursasmita; Maria, Aletta
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 2 (2017): GEMAWISATA JULI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Loyalitas konsumen sangat penting artinya bagi pihak manajemen hotel untuk menjaga kepercayaan. Pelanggan yang loyal adalah konsumen yang sangat puas dengan pelayanan yang diberikan, sehingga mempunyai antusiasme untuk memperkenalkannya kepada siapapun yang konsumen kenal. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kepercayaan dan fasilitas terhadap loyalitas pelanggan di Hotel @Hom Semarang. Populasi adalah seluruh konsumen yang menginap di Hotel @Hom Semarang minimal lebih dari 2 (dua) kali, dengan jumlah sampel sebesar 96 responden.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling.. Alat analisis penelitian menggunakan regresi linier berganda dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, memberikan pengertian bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan pada hotel, maka tentu akan semakin menambah tingginya loyalitas pelanggan dalam menggunakan hotel tersebut. Fasilitas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, memberikan pengertian bahwa semakin fasilitas yang diberikan pihak hotel lengkap dan berfungsi dengan baik, maka tentu akan menambah loyalitas pelanggan dalam menginap. Hasil pengujian simultan bahwa kepercayaan dan fasilitas secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan menginap tamu, memberikan pengertian bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan pada hotel dan didukung dengan fasilitas yang memadaimaka tentu akan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan dalam menginap. Kepercayaan merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan di Hotel @Hom Semarang
PENGARUH KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN FOOD AND BAVERAGES DI PATRA JASA SEMARANG CONVENTION HOTEL Sulistyo, Dwi Joko; Mulyani, Sri
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 2 (2017): GEMAWISATA JULI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja merupakan hal yang penting bagi perusahaan atau organisasi, dimana kinerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor baik yang berhubungan dengan kinerja itu sendiri diantaranya komunikasi dan lingkungan kerja. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh komunikasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan food and baverages di Patra Jasa Semarang Convention Hotel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan food and baverages Patra Jasa Semarang Convention Hotel yaitu sebanyak 54 karyawan dan diambil dengan menggunakan teknik sensus sampling.  Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu uji model dan analisis regresi berganda. Variabel komunikasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan food and baverages di Patra Jasa Semarang Convention Hotel.Variabel lingkungan kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan food and baverages di Patra Jasa Semarang Convention Hotel. Variabel komunikasi dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan food and baverages di Patra Jasa Semarang Convention Hotel. Variabel komunikasi memiliki pengaruh paling kuat terhadap kinerja karyawan dibandingkan dengan lingkungan. Sebaiknya pihak Patra Jasa Semarang Convention Hotel meningkatkan komunikasi antar karyawan diantaranya dengan memberikan lembar order kerja pada waktu yang tidak mendesak sehingga karyawan dapat mempersiapkan pekerjaan yang akan dilakukan.
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI HOTEL GRAND CANDI SEMARANG Putra, Andreas Alfa; Hutomo, Rubyah
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 2 (2017): GEMAWISATA JULI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peranan yang signifikan antara peran Kepemimpinan dan Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Grand Candi Semarang, yang mana tujuan dari penelitian ini berguna untuk mengetahui bagaimanakah peranan dari kedua variabel X dan Y, dan akhirnya diketahuilah bahwa variabel Kepemimpinan merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Grand Candi Semarang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, sedangkan perhitungan dari regresi berganda (baik secara parsial maupun simultan), koefisien determinasi. Digunakan pula hipotesa t dan F dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Metode pengambilan data adalah sampel jenuh. Jumlah keseluruhan responden adalah 60, data penelitian yang berupa data primer diambil dari penyebaran kuesioner kepada seluruh karyawan tetap (tidak termasuk GM), sedangkan data sekunder didapat dari studi pustaka yang berkaitan dengan judul penelitian. Berdasarkan hasil SPSS 20 for Windows, hipotesa (baik secara parsial maupun simultan) pada traf signifikan  5% telah teruji secara signifikan dan positif dengan persamaan regresi Y=5,310 + 0,647 X1 + 0,251 X2. Serta terbukti bah wa X1 (Kepemimpinan) adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap Y (Kinerja Karyawan). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dari kedua variabel tersebut, variabel yang paling berpengaruh adalah variabel Kepemimpinan. Dimana peranan ini merupakan peranan utama dalam meningkatkan Kinerja Karyawan di Hotel Grand Candi Semarang.
PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN TAMU DI HOTEL GRAND EDGE SEMARANG Sari, Erni Octaviani; Koestanto, Djoko
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 2 (2017): GEMAWISATA JULI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Grand Edge Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 3000/ bulan tamu dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden, pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan penyebaran kuesioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Uji persyaratan validitas data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji model, uji hipotesis, dan analisis koefisien beta standart. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas terhadap kepuasan tamu, dengan demikian apabila semakin baik fasilitas yang diberikan Hotel Grand Edge Semarang kepada Tamu maka semakin tinggi peningkatan Tamu yang menginap di Hotel. (2)ada pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu, dengan demikian apabila dengan semakin tinggi peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan maka semakin tinggi pula kepuasan tamu yang menginap. (3) variabel fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu berpengaruh positif dan signifikan secara bersama – sama terhadap kepuasan tamu di hotel Grand Edge Semarang. Ada pengaruh positif dan signifikan pada fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu di hotel Grand Edge Semarang, terbukti dapat diterima. (4) Variabel kualitas pelayanan yang paling berpengaruh dalam mencapai kepuasan tamu hal ini berarti kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan, staf, maupun pihak hotel sangat kurang dalam mencapai kepuasan tamu, kurangnya dalam pemberian kualitas pelayanan, memenuhi keinginan tamu, dan mencukupi kebutuhan tamu karena menurunnya kualitas pelayanan yang diberikan pihak hotel maka tidak diperoleh rasa puas oleh tamu yang menginap
PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN TAMU HOTEL PATRA JASA SEMARANG CONVENTION HOTEL Triyono1, Andreas; Aprillyani, Renny
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 2 (2017): GEMAWISATA JULI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepuasan tamu sangat penting artinya bagi pihak manajemen hotel untuk menjaga kepercayaan. Kepuasan konsumen dapat terwujud apabila fasilitas yang diberikan dan pelayanan yang dirasakan oleh pelanggan sama, atau setidaknya hampir sama dengan apa yang konsumen harapkan selama menggunakan jasa dari penyedia jasa. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh fasilitas dan pelayanan terhadap kepuasan tamu Patra Jasa Semarang Convention Hotel Populasi adalah seluruh tamu sudah pernah menginap di Patra Jasa Semarang Convention Hotel sebesar 4.753 (rata-rata tamu per bulan 2015), dengan jumlah sampel sebesar 98 responden. Teknik pengambilan sampel purposive sampling, yaitu dikhususkan bagi tamu sudah pernah menginap di Patra Jasa Semarang Convention Hotel minimal lebih dari 1 (satu) kali dan responden berumur ≥ 20 tahun. Alat analisis penelitian menggunakan regresi linier berganda dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa fasilitas terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu, memberikan pengertian bahwa semakin fasilitas yang diberikan Patra Jasa Semarang Convention Hotel lengkap dan dapat berfungsi dengan baik, maka akan semakin menambah tingginya kepuasan tamu dalam menginap. Pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu, dapat diartikan bahwa semakin meningkat pelayanan yang diberikan Patra Jasa Semarang Convention Hotel kepada para tamunya, maka akan semakin meningkatkan kepuasan tamu dalam menginap. Hasil pengujian simultan menunjukkan bahwa fasilitas dan pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu tamu, memberikan pengertian bahwa semakin memadai fasilitas yang diberikan, baik kelengkapan dan berfungsinya fasilitas yang diberikan dan juga didukung dengan pelayanan yang baik tentu akan semakin menambah tingginya kepuasan tamu. Pelayanan merupakan variabel yang paling dominan atau variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan tamu.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI AGRO WISATA PERKEBUNAN TLOGO KABUPATEN SEMARANG Arvianto1, Bram; Ardi, Rudi Prasetyo
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 2 (2017): GEMAWISATA JULI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji permasalahan tentang pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen di Agro Wisata Perkebunan Tlogo, Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif inferensial yaitu melakukan análisis hubungan antar variabel dengan pengujian hipotesis. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuisioner, kepustakaan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskripsi variabel, pengujian data, uji hipotesis dan regresi linier berganda. Hasil penelitian secara keseluruhan sudah menunjukkan hal positif yaitu kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dapat diterima. Sebesar 61,1% kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan fasilitas. Sedangkan sisanya 38,9% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar variabel kualitas pelayanandan fasilitas. Hanya saja pihak pengelola Agro Wisata Perkebunan Tlogo Kabupaten Semarang perlu memperhatikan dan meningkatkan lagi variabel fasilitas karena mempunyai pengaruh terbesar terhadap kepuasan konsumen dilihat dari koefisien regresinya, oleh sebab itu Pihak pengelola Agro Wisata Perkebunan Tlogo Kabupaten Semarang perlu memperbaiki indikator fasilitas yang masih kurang menurut jawaban responden seperti penyediaan tempat parkir yang luas dan aman serta kondisi lingkungan yang nyaman.
PENGARUH KUALITAS MAKANAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI KOLAM PEMANCINGAN WIJAYA BANDUNGAN SEMARANG Diansyah, Tedy; Mistriani, Nina
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 13, No 2 (2017): GEMAWISATA JULI 2017
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Menghadapi persaingan yang ketat saat ini, banyak perusahaan yang berorientasi pada konsumen artinya perusahaan menggunakan strategi pemasaran yang terintegrasi dengan tujuan meningkatkan kepuasan konsumen sebagai alat untuk mencapai tujuan perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas makanan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan pada kolam pemancingan Wijaya di Bandungan. Populasi adalah konsumen yang sudah pernah membeli di kolam pemancingan Wijaya Bandungan Semarang. Mengingat jumlah populasi sulit diketahui dengan pasti, maka dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Accidental Purposive Sampling, diketahui jumlah sampel sebesar 96 responden. Alat analisis penelitian menggunakan regresi linier berganda dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas makanan terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, mmberikan pengertian bahwa semakin makanan yang disajikan kolam pemancingan berkualitas, maka akan semakin meningkatkan kepuasan wisatawan yang berkunjung. Kualitas pelayanani mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, memberikan pengertian bahwa semakin meningkat kualitas pelayanan yang diberikan kolam pemancingan, maka akan semakin meningkatkan kepuasan wisatawan yang berkunjung. Kualitas makanan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Hasil penelitian terbukti bahwa kualitas pelayanan merupakan variabel yang paling dominan atau paling besar pengaruhnya dalam mempengaruhi kepuasan wisatawan

Page 1 of 1 | Total Record : 8